Headlines News :
Home » » Pengertian DNS Server

Pengertian DNS Server

Written By Qodly iyadh on Sunday, November 3, 2013 | 2:55 AM

Jika belum, DNS sering juga di sebut dengan Domain Name Sistem, hahaha.. jadi Kepanjangan dari DNS adalah ( Domain Name Sistem ).
Tapi sebelum anda membaca secara mendetail tentang DNS Server, anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu Server.

Jadi DNS itu adalah sistem berbentuk database yang mengkonfersikan nama host/domain/mesin kedalam alamat IP ( Internet Protocol ) dan sebaliknya.

Domain teratas itu adalah root, mengapa root? karena domain ini diwakilih oleh titik. Root juga menurut saya adalah ibunya Domain, menapa saya bilang begitu karena root merupakan domain teratas dari sebuah server. Bawahan dari root dapat anda lihat dibawah ini :
Root ( Domain Teratas Induk )
Top Level Domain ( .com, .edu, .gov, dll )
SubDomain
Second Level Domain
Third Level Domain dan seterusnya.
Ada 13 Root server utama yang disebar ke seluruh dunia dan di bagi bagi untuk elayani suatu daerah tertentu, generic Top Level Domain ( gLTD ) tertentu atau blok IP Address tertentu. Satu Root server saling berhubungan dengan Root server yang lain dan saling memperbaharui data masing masing.

Cara Kerja DNS

DNS menggunakan relasi cilent -server untuk resolusi nama. Pada saat client mencari suatu host, maka ia akan mengirimkan query ke server DNS. Query disini maksudnya adalah permintaan untuk resolusi nama yang dikirimkan ke server DNS.

Nah itulah tadi tentang pengertian DNS maupun cara kerjanya. Bagi anda yang kurang puas mohon di maafkan dan apabila ada saran maupun kritik silahkan koment saja. Terimakasih ^_^
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | AA-Qodly Template | AA-Qodly
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Al-Qodhi - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Qodlyadz